Seri Wisata Kuliner Surabaya : Rawon Kalkulator, Temani Sedapnya Malam Di Surabaya



Rawon Kalkulator, Temani Sedapnya Malam Di Surabaya

Selain menyandang predikat sebagai Kota Pahlawan, Surabaya juga memiliki ragam kuliner yang patut dicoba. Salah satunya adalah Rawon Sedap Malam atau yang lebih dikenal sebagai Rawon Kalkulator, rawon legendaris ini sudah ada sejak tahun 1975.

Adalah Adjib Rosidi, perintis usaha kuliner Rawon Kalkulator sejak 41 tahun silam. Dan sampai sekarang masih setia menjajakan makanan Surabaya yang khas dengan bumbu dasar berbahan kluwek, sebab itulah rawon ini disebut legendaris. Usaha ini sudah diwariskan ke generasi kedua dari almarhum Adjib Rosidi, yakni Ira.

Terletak di Taman Bungkul Surabaya, membuat Rawon Kalkulator ramai akan pengunjung. Tempatnya yang strategis berada di pusat keramaian kota ditambah dengan citarasa yang tak berubah menjadikan panganan ini menjadi menu wajib bagi para pemburu kuliner di malam hari. Setiap harinya, tak kurang dari lima ratus orang yang mampir ke warung ini.

Uniknya, istilah Rawon Kalkulator muncul justru dari para pelanggan yang merasa takjub dengan kemampuan karyawan, saat menghitung jumlah harga makanan melalui hitungan verbal tanpa menggunakan kalkulator sebagai alat bantu. Keunikan inilah yang menyebar dari mulut ke mulut sehingga nama Rawon Kalkulator menjadi tenar hingga sekarang.

Tak hanya itu, empuknya daging, dibalut hangatnya kuah rawon yang berbahan dasar kluwek, dan dicampur dengan gurihnya kaldu tulang sumsum sapi, sangat pas dinikmati pada saat malam hari. “Sampai saat ini saya masih menggunakan resep bumbu yang diturunkan langsung oleh bapak, dan untuk dagingnya kami sengaja memilih kualitas yang premium, hal itu yang membuat cita rasa Rawon Kalkulator tidak berubah dan masih diminati oleh para penikmat kuliner sampai sekarang,” ungkap Ira sembari melayani pesanan pembeli (5/2/2016).

Tak perlu khawatir dengan harga, sebab cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 20 ribu saja anda bisa menikmati satu porsi rawon kalkulator yang buka hingga pukul 03.00 dini hari ini. Jika bosan dengan menu daging, anda bisa menambah atau memilih menu jeroan, seperti paru sapi yang dibanderol Rp 10 ribu tiap porsinya.

Ketenaran Rawon Kalkulator rupanya sudah sampai ke mancanegara, Ira mengaku pernah mendapati pelanggan yang berasal dari Belanda dan Singapura. Selain itu banyak pejabat negara yang menyempatkan makan di sela-sela waktu kunjungan di Surabaya. Tercatat Presiden Joko Widodo, Tri Risma Harini, dan para artis seperti penyanyi Opick, komedian Peppy, dan presenter program acara kuliner Bondan yang terkenal dengan istilah mak nyus-nya.

Sekedar diketahui warung Sedap Malam juga menyediakan menu soto daging bagi para penikmat kuliner. Jadi belum lengkap rasanya ketika berkunjung ke Surabaya tak menyampatkan mampir ke warung Sedap Malam ‘Rawon Kalkulator’.

Leave a Comment